Kamis, 05 September 2013

Fungsi lain dari Facebook




Facebook, siapa sih yang tak mengenalnya? Dari kakek-kakek hingga ke anak-anak usia TK terutama yang tinggal di zona perkotaan, kuyakin sudah paham atau setidaknya tau apa itu facebook. Lebih jauh lagi, tentu pro dan kontra juga tak lepas dari jejaring sosial media yang telah dikenal luas di se-antero Nusantara ini. Ada yang begitu menyukainya hingga tak semenit pun lepas dari mengintip ke 'halaman muka' ini, atau malah saking membencinya, justru mengharamkannya hingga tak boleh sejenak pun hadir di layar monitor laptop mau pun hapenya. Semua sikap tentu sah-sah saja. Tak ada yang salah, tak ada yang perlu memprotes apalagi menghakimi sikap yang diambil oleh masing-masing orang.

Kalo aku sendiri sih, tetap beranggapan bahwa facebook ini penting adanya. Melengkapi jejaring sosial lainnya, sebenarnya 'halaman muka' [facebook] ini banyak juga lho manfaatnya, asalkan dimanfaatkan secara positif. Namun, postingan ini bukanlah hendak membahas sisi positif mau sisi negatif darinya, melainkan hanya ingin bicara sekilas tentang kegunaan lain dari facebook, bagiku. Yup, bagiku. Hehe.

Apa sih kegunaan lain dari jejaring sosial ternama ini bagi seorang Alaika Abdullah? Sang Srikandi Blogger 2013? Eits, jangan nuding dulu, boleh donk sekali-sekali menyebutkan gelar yang kuperoleh dengan susah payah ini? Apalagi masa berlaku gelar ini juga tinggal beberapa bulan lagi kan? Jadi boleh dunk jika aku berkeinginan menyebutkannya, setidaknya pada halaman blog ini? Ok, ok, lanjut yuk.

Bagiku, fungsi lain dari facebook, selain sebagai ajang bertegur sapa/silaturrahmi dengan para sahabats, share link artikel dan aneka informasi lainnya, juga cover-nya itu lho! Menurutku, cover facebook itu bisa digunakan untuk memperingati momen-momen spesial lho. Oh ya? How?
Kalo aku sih, biasanya memanfaatkan cover facebook itu, untuk mengucapkan atau memperingati hari istimewa atau momen istimewa orang-orang terdekat. Tak hanya orang-orang terdekat, tapi juga suatu peristiwa tertentu yang ingin kita tarik perhatian sahabat-sahabat kita untuk juga turut pay attention. 

Itulah sebabnya, mengapa cover facebook ku sering sekali berganti, dan kusesuaikan dengan tema atau momen penting yang sedang berlangsung dalam kehidupanku mau pun orang-orang terdekat. Atau pun peristiwa-peristiwa penting yang membutuhkan perhatian.

Misalnya nih, cover yang baru saja aku ganti untuk bulan September, 2013. Pada September ceria ini, permata hatiku sedang berulang tahun, tepatnya pada 1 September 2013, nah, untuk menunjukkan betapa aku menghargai momen penting ini, selain membuatkan kartu ucapan selamat ultah untuk putri tercinta, aku juga menyematkan sebuah cover khusus di akun facebook ku, serta mengganti foto profile yang selaras dengan si cover.


Atau ketika menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 68 kemarin, maka aku mengganti cover FB sebelumnya [nuansa Idul Fithri] ke nuansa Dirgahayu Kemerdekaan seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


Jelang Idul Fithri, maka cover facebook ku pun akan bernuansa Eid Mubarak, hehe.


Sementara jelang Ramadhan kemarin, cover Facebook bergambar purple seperti ini nih, Sobs. 



Well, Sobats tercinta, begitu lah sekilas kegunaan lainnya dari facebook menurut versiku, bagaimana menurutmu? Biasanya, diapain aja tuh si 'halaman muka' ini? Share yuk di kolom komentar. :)

Sekedar sharing di sore hari,
Al, Bandung, 5 September 2013

24 komentar:

  1. Wah keren-keren halaman muka FB nya mbak alaika..

    Saya juga seneng banget ma FB menambah silahturahmi

    Sukses slalu mba alaika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih Ayunda, untuk kunjungan dan komennya. Sukses juga untukmu yaaa. :)

      Hapus
  2. bener juga yaa.. Secara saya paling ga pernah ganti2 cover. Malah baru 2-3bln terakhir cover abu2nya diganti foto.
    Salam kenal n sekalian ajarin bikin cover bagus dong mak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, ayo atuh Mak, optimasikan penggunaannya secara positif atuh! :)

      Hapus
  3. bener banget mak, ak juga manfaatin tuh header buat promosiin blogku :)

    mampir jg ya mak di http://mieagoblog.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. Wah, kreatif. Saya nggak pernah kepikiran yang kayak gitu...

    BalasHapus
  5. kreatif mbak
    profpict dan covernya juga dimatching -in
    saya saja jarang ganti profpict dan cover.huhu
    salam kenal mbak

    BalasHapus
  6. Aku juga sering ganti cover kok. SKrg u jualan bukuku heheheee... PP penginnya juga sering ganti sih, tp kadang lupa hide, jd malu dg komen2nya hehehee... Utk kreativitas mbak Al jempolan deh, kita akui banget itu sih :D

    BalasHapus
  7. Benar-benar idenya luarbiasa n sangat kreatif yaa Mak. SAlut deh :)

    BalasHapus
  8. facebook berfungsi sebagai mata pencaharian saya teh, kalo ga ada fb saya ga kerja :D

    BalasHapus
  9. Keren banget Mak,,fb ku malahan gak pernah dibuka

    BalasHapus
  10. Keren banget desainnya mbak. Aku malah jarang ganti2 foto timeline facebook mbak... :D

    Tpi mkasiihh buat share nya ya mbak. Hheee

    BalasHapus
  11. Wah iya. Mba al memang suka ganti ya dpnya. Ide menyesuaikan dgn momen ini bener juga ya. Sekalian penyegaran buat yg berkunjung ke fb kita. Ah thanks mba al. Always kece idenyam

    BalasHapus
  12. aku jarang banget mba otak atik header hihihi
    tapi bagus juga kalau sering gonta-ganti jadi seru

    BalasHapus
  13. aku waktu SMA anaknya facebook banget Mbak Al hehe, pas kuliah facebook buat ambil tugas2 sama materi kuliah aja di grup kelas hehehe. Lulus kuliah mulai klik sama facebook terutama buat networking sebagai blogger :D

    btw aku nggak pernah ganti xover dari dulu. Jadi masih alay gitu deh. Thankyou postingannya Mbak Al menginspirasiku u/ ganti cover fb hehehe

    BalasHapus
  14. Facebook suka jadi ajang curhat, mba Al..((dulluuu))

    Sekarang,
    Teteup.

    Haaha...
    Ketambahan curhat dari tulisan di blog.

    Ahhaaii..

    BalasHapus
  15. Kalo fb sangat jarang aku gantinheader nya..karena males hehe..mau kyk mba al ah aktif hehe

    BalasHapus
  16. Ga pernah kepikiran buat gonta ganti cover XD tp idenya kece mba, boleh dicoba nih, thanks..

    BalasHapus
  17. Mba Al, rajin banget bikin cover sendiri.
    Kalau saya paling ambil dari foto aja.
    Nggak diapa-apain , hiks.

    BalasHapus
  18. AKu jarang ganti profile pic dan cover gitu mba. Selfie aja jarang banget. Heheh. Fanpage aja kali ya yang harusnya di-update

    BalasHapus
  19. Bisa share postingan pastinya, kak :)

    BalasHapus

Featured Post

Ayam Tangkap Khas Aceh ala So Good

Yuhuu, akhirnya, Ayam Tangkap Khas Aceh ala So Good siap dihidangkan! Bagi yang sering main ke Aceh, khususnya Banda Aceh, pasti sudah fa...

Popular Posts