Kamis, 21 Februari 2013

Pepaya dan manfaatnya

credit
Pasti udah pada familiar donk dengan gambar di atas? Yes, tak lain dan tak bukan, penampakan di atas adalah pohon, daun dan buah Pepaya [Crica Papaya L].  :)

Pada tau donk jika buah Pepaya itu banyak sekali manfaatnya, terutama dalam hal melancarkan pencernaan dan kaya banget akan vitamin.

Manfaat Buah Pepaya

Buah pepaya matang, juga akan sangat baik dikonsumsi oleh para orang tua dan penderita penyakit maag/keluhan lambung, kala mengkonsumsi daging, ayam maupun telur. Karena kehadiran si buah pepaya didalamnya akan membantu proses pencernaan menjadi lebih lancar. Buah pepaya ini akan membuat asupan daging, ayam dan telur tadi menjadi mudah dicerta oleh usus.

Tak hanya itu, pepaya juga dapat membantu menghilangkan cacing-cacing usus, sekalipun obat-obatan moderen seringkali lebih berkhasiat.

Tahukah sobats, bahwa tak hanya buah pepaya saja yang bermanfaat?

Manfaat Getah Pepaya

Ternyata getah pepaya juga memiliki manfaat tersendiri lho! Bukan hanya sebagai pelembut daging seperti yang awam diketahui selama ini.
Getah pepaya ini ternyata jika dikonsumsi dengan benar akan membantu mengobati gangguan pencernaan, dispesia dan obat cacing. 

Caranya:

Kumpulkan 3 - 4 sendok teh [15-20 ml] cairan putih atau getah yang keluar ketika buahnya yang hijau atau batang pohonnya dipotong. Campurkan getah ini dengan madu secukupnya dan aduklah di dalam secangkir air panas. Jikalau mungkin, minumlah cairan ini bersama dengan obat pencahar [urus-urus].

Manfaat lainnya dari getah pepaya adalah:


  • sebagai bahan untuk obat pengendali Oedema dan imflamasi [untuk pembedahan]
  • sebagai bahan aktif dalam pembuatan krim, pembersih wajah
  • sebagai bahan pembuat pasta gigi
  • dan lain sebagainya. 

Manfaat Daun Pepaya

Tak kalah hebatnya sobs, Daun Pepaya juga mengandung banyak manfaatnya lho, diantaranya adalah sebagai obat untuk:

  • Kanker kulit,
  • Benjolan Tumor, 
  • Varises,
  • Bintik Kulit,
  • Jerawat dan
  • Obat Kejang
Caranya?

Rebuslah 10 helai daun Pepaya dalam 3 liter air, hingga tersisa 1 liter, lalu masukkan gula batu secukupnya. Lalu minumlah 3 x sehari sebanyak 1 gelas. 


Nah sobs, ternyata banyak juga ya manfaat dari si buah yang begitu merakyat di negeri kita ini? Jadi masih berfikir untuk tak menyukainya? :)


Al, Bandung, 21 Februari 2013

Sumber:
Buku "Where There is No Doctor"
http://www.smallcrab.com/others/374-manfaat-getah-pepaya
http://senijawakuno.blogspot.com/2013/01/6-manfaat-daun-pepaya-sebagai-obat.html

5 komentar:

  1. hmm bermanfaat banget...makasih ya De
    semoga hal ini bisa jadi rujukan atau tambahan wacana bagi yang laennya, teruslah berkarya dengan tulisanmu yang bermanfaat seperti ini.

    salam

    BalasHapus
  2. luar biasa...asal cara meramunya benar ..semua penyakit ga prlu dokter lagi ya mba. #bayangin daun pepaya 10 lbr ixxixi

    BalasHapus
  3. wow.. mak, bintik kulit itu yg kayak gimana ya?
    itu itu yg varises boljug dicoba.. mamaku punya varises, ga tega deh liat kakinya..
    thank's artikelnya, mak :)

    BalasHapus
  4. info yang sangat lubiasa sekali nih gan.ternyata pepaya itu sangat bagus untuk pencernaan kita yang kurang bagus aslkan pepayanya yang sudah matang.

    BalasHapus

Featured Post

Ayam Tangkap Khas Aceh ala So Good

Yuhuu, akhirnya, Ayam Tangkap Khas Aceh ala So Good siap dihidangkan! Bagi yang sering main ke Aceh, khususnya Banda Aceh, pasti sudah fa...

Popular Posts