Khasiat dan Bahayanya Bunga Terompet Bidadari

Pasti banyak dari kita yang menyadari bahwa aneka tumbuhan yang tumbuh di alam ini dapat menjadi alternatif bagi penyembuhan berbagai penyakit kan sobs?
Bahkan sebagian dari obat-obatan modern pun dibuat dari tumbuhan/tanaman liar. Tapi yang harus diingat adalah, tidak semua tumbuhan dapat dikonsumsi sebagai obat, banyak pula diantaranya, yang jika penggunaannya melebihi dosis, malah akan menjadi pembunuh kelas kakap. Contohnya?

Contohnya adalah bunga Terompet Bidadari, yang memiliki nama keren [latin] Datura Arborea.

sumber dari sini
Nah, si cantik ini, beserta anggota lainnya dari family nightshade [genus Solanum], dalam penggunaannya yang sesuai dapat digunakan untuk meredakan/menyembuhkan penyakit kejang usus, nyeri perut dan bahkan nyeri kandung empedu. 

Caranya?

Lumatkan 1 atau 2 helai daun Trompet Bidadari dan rendam selama satu hari dalam 100 ml air [7 sendok makan]. Lalu minumlah sebanyak 10 sampai 15 tetes setiap jamnya dan ingat, hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa ya sobs!

Catatan Penting!
Penggunaan melebihi dosis dapat membahayakan jiwa, karena si cantik ini sangat beracun.

Sumber:
Buku Where there is no Doctor by David Werner


Komentar

  1. apa aja kalo kebanyakan emang g baik, baru tau juga bunga terompet ada khasiatnya :D
    tq buat infonya yah mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener Jiah... makanya harus tepat takaran.
      sama2.. :)

      Hapus
  2. Tadinya saya pikir hanya sebuah bunga untuk hiasan saja. Ternyata bunga ini juga mengandung hasiat buat kesehatan dan terapi penyembuhan asal digunakan pada takaran yang tepat.

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, bener mas! Harus tepat dosisnya. :)

      Hapus
  3. aku lihat bunga ini itu di dieng wonosobo, dan baru tau kalau ada manfaatnya... :)
    infonya berharga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata ada manfaatnya ya? walau harus bener2 diperhatikan takarannya. :)

      Hapus
  4. Aku pernah mendengar bunga terompet juga dapat memabukan orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bener, bukan hanya memabukkan tapi bisa mematikan lho!

      Hapus
    2. Maaf mbak, setau saya bunga datura ini sangat berbahaya. Selain sangat beracun bisa menyebabkan kematian , salah penggunaan juga bisa mengakibatkan kegilaan sementara bahkan mengarah pada kegilaan permanen, karena halusinasi yang ditimbulkannya bersifat mengerikan bukan menyenangkan seperti halusinogen pada umumnya. Bahkan para penggemar halusinogen biasanya langsung jera menggunakannya setelah pemakaian pertama. Hanya dengan menyentuhnya saja sangat berbahaya. Datura termasuk dalam jajaran tanaman paling berbahaya dimuka bumi. Saya yakin maksud mbak baik berbagi2 ilmu alternatif obat murah, tapi datura bukan jawabannya :)

      Hapus
  5. ternyata selain bermanfaat juga ada efek racunnya ya......mesti hati2 nie. terima kasih. salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, harus hati2 sekali menggunakan ini, perhatikan dosisnya. :)

      Hapus
  6. meski beracun, kalo kita hati-hati dalam memanfaatkan dengan benar menjadi obat yang murah. Saya catet nih buat tambahan ilmu untuk disebarkan ke orang-orang di sekitar saya yang membutuhkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, bener banget mas Pakies...
      silahkan, semoga bermanfaat yaaa..:)

      Hapus
  7. Catet aah...
    aku suka pakai herbal, tapi blm pernah memanfaatkan bunga ini.
    (semoga jangan yaa.. hehehe....)

    BalasHapus
    Balasan
    1. He eh, dicatat aja dulu, jangan lupa, Note nya diperhatikan sangat! Beracun soalnya, jd harus bener2 sesuai dosis. :)

      Hapus
  8. enak kok kalok di keringkan terus campur sama tembakau,. mirip2 isep ganja

    BalasHapus
  9. bisa ga ya digunakan mbak utk racun semut hitam

    BalasHapus
  10. bisa nga tanaman tujuh bidadari berbunga

    BalasHapus
  11. hati2 bunga ini sangat berbahaya....kami baru saja mengalaminya.....3hr yg lalu kakak ipar sy usia 64th coba memakan bunga ini kira2 5cm (hanya ujung2 bunganya saja) krn kakak ipar sy itu gemar sekali makan sayuran/daun2an krn dia punya penyakit ginjal gula dara dan jantung.....setelah makan bunga itu kira2 2jam kemudian dia merasa tenggorokannya seperti di cekik pahit kering bicaranya kacau dan pelo seperti kena stroke badan gemetaran tidak bisa jalan sempoyongan kencing terus2an sampai celana basa semua krn dia sudah tdk bs lg buka celana...wkt itu kami sdg dlm perjalanan keluar kota dan setelah kami tau bahwa dia keracunan kami bawa dia kerumah sakit...dan sembuh setelah di beri obat menawar racun salah satunya norit

    BalasHapus
  12. :O
    Waah harus ngeraciknya sama yang ahli nih biar ga berbahaya
    Di on teh spot jg pernah nampilin....

    makasih mba infonya :)

    BalasHapus
  13. Bener g sih bunga terompet bisa bikin ngefly kaya ganja? Dalam dosis tertentu?

    BalasHapus
  14. Ibu saya sedang keracunan daun bunga ini... beliau tidak sadar seperti orang gila.. apa yang harus kami lakukan setelah meminum air kelapa???

    BalasHapus
  15. ternyata ada juga ya khasiat dari bunga terompet ini ... baru tau aku

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidur dengan lampu yang menyala terang? BAHAYA BANGET!!

Tips Untuk Mengatasi Luka Terbakar atau kena air panas