Tempat Bermain Yang Aman untuk Anak Super Aktif

Tempat Bermain Yang Aman untuk Anak Super Aktif
Bercerita tentang anak-anak memang tak akan pernah ada habisnya. Mulai dari buka mata hingga tutup mata kembali (bangun tidur di pagi hari hingga ke tidur kembali di malam harinya), adaaaa aja aktifitasnya. Eits, bukan, bukan hendak bercerita tentang Intan, sih! Intan kan udah gede, udah mau memasuki usia 21 tahun, lho! Kali ini, aku pengen share cerita ringan tentang aktivitas bocah masa kini, yang kayaknya juga makin super aktif, deh!

Jadi, tadi malam tuh, saat lagi nyantai, eh terlibat obrolan dengan salah satu kolega, yang kini lagi disibukkan dengan mengurus seorang bocah gesit, super aktif dan bikin enyak babe serta si mbak-nya ikutan ga bisa diem. Yup. Karina, kolegaku yang juga adalah salah satu teman baik ini, dengan excited bercerita tentang bocah kecilnya, Joshua, yang kini berusia 3 tahunan. Mendengar ceritanya, aku langsung keingat akan keponakanku sendiri yang juga berada di usia itu, dan sedang gesit-gesitnya. Ga bisa diem. Haha. Mungkin anak-anak sekarang emang begitu kali, ya? Beda jauh dari Intan kecil dulu, ya, walau masih terhitung sangat aktif juga sih. 

Lanjut ke cerita Karina tentang Joshua. Ya ampun, ini anak emang ngemesin banget. Mendengar cerita mamanya aja, aku jadi bisa ngebayangin gimana aktifnya si bocah ini. Mulai buka mata hingga ke tutup mata kembali, ini anak emang adaaaa aja aktifitasnya! Lari sana, jalan sini. Naik sana, masuk sini. Emang ga ada diemnya. Apa aja yang dilakuin orang-orang di rumah, pasti akan ditirunya. 

Kebayang betapa lelahnya mama-papanya serta si Mba dalam 'mengajaknya' bermain. Hehe. Yup, Joshua memang senang sekali 'bermain'. Baginya, kegiatan paling menyenangkan adalah bermain. Bahkan di sekolah (play group)nya, Joshua juga tak pernah diem dan gampang banget berteman. Keren ya anak-anak sekarang. *jadi malu kalo ingat masa kanak-kanakku sendiri, nun, puluhan tahun lalu. Di mana setiap ketemu orang-orang baru, maka aku akan sembunyi di balik pintu. Takut. Haha.

Tempat Bermain yang aman bagi anak super aktif.

Anak yang super aktif, tentu butuh penanganan/pengawasan yang jauh lebih ketat dibanding anak-anak yang lainnya. Lengah sedikit saja, bisa-bisa menimbulkan hal yang fatal. Karenanya, Karina maupun suaminya memang ekstra ketat dalam menjaga/mengawasi Joshua demikian juga si Mba, yang memang dihire untuk menjaga lelaki kecil mereka ini. 

Menyiasati hobi Joshua bermain yang tiada hentinya, kecuali sedang tidur, maka mama-papanya memiliki beberapa tempat favorit untuk tempat Joshua bermain. Beberapa di antaranya adalah:

1. Rumah - DENGAN Pengawasan

Yup. Tak ada tempat yang paling menyenangkan selain rumah. Home is the most favourite one! Rumah adalah tempat di mana seorang bocah cilik seusia Joshua menghabiskan sebagian besar waktunya. Karenanya, papa mamanya juga telah mempersiapkan beberapa ruang bermain dan aneka mainan yang aman (yang tentunya TETAP dalam PENGAWASAN] bagi bocah cilik ini. 

Bermain tukang-tukangan, menggambar di dinding khusus untuk Joshua, atau pun bermain bongkar pasang, adalah merupakan beberapa permainan favorit si bocah super-aktif ini. Aku bahkan tergelak mendengar cerita Karina saat masuk kamar dan melihat kaca riasnya telah penuh coretan tangan Joshua menggunakan lipsticknya, yang tadi lupa dia pindahkan sehingga tergeletak begitu saja dan menjadi sasaran keaktifan putra kecilnya itu. Haha. Josh... Josh! 

2. Di Pantai atau Alam Terbuka - DENGAN Pengawasan KETAT.

Tak hanya Joshua yang suka pantai atau alam terbuka. Papa mama-nya sudah pasti juga senang banget having picnic or stay at the beach. Menginep di pantai adalah kegiatan yang sering banget mereka lakukan jika papa Joshua sedang libur/off.

Selain alamnya yang indah dan udaranya yang fresh, alam terbuka memang merupakan tempat yang paling bagus bagi bocah kecil ini agar dapat melepaskan energi-nya yang membludak, serta melatih otot-otot motoriknya agar kian terlatih, sembari 'menginput' kosa kata baru ke dalam memori Joshua.
Pantai mau pun alam terbuka memang menjadi tempat favorit Yasha dalam 'bermain' kini. Laut. Adalah kata yang selalu berhasil membuatnya excited dan mematuhi bujukan mama papa.

"Josh jadi anak baik, ya, ga boleh nakal, kalo jadi anak baik, kita nanti ke pantai, mandi di laut! Ok?" Dan si bocah pun patuh. Haha, kalimat saktinya ini, ternyatah! 

3. Bermain di Mall - DENGAN Pengawasan.

Selain pantai atau alam terbuka, atau pun bermain di rumah, maka bermain ke mall adalah salah satu agenda lain yang kerap dilakukan oleh ayah-ibu dan anak ini. Ga selalu untuk berbelanja atau shopping, sih. Sekedar sight seing atau window shopping sudah bisa menjadi kegiatan rekreasi sekaligus ajang dalam mengajak si kecil bermain sambil merilis energinya yang sering berlebih itu. 

Bagi sebagian orang, membawa anak kecil bermain ke mal termasuk hal yang membahayakan, sih. Karena yang namanya mal, pasti lah ramai, dan bisa membahayakan bagi anak, terutama di saat menaiki lift maupun eskalatornya. Karenanya, Karina dan suaminya melakukan pengawasan ketat jika lagi main ke mal. Ga boleh lengah sedikitpun, karena pernah pada suatu ketika, saat Karina lagi asyik melihat-lihat pakaian yang sedang sale, ealah, Joshua malah sedang asyik bercengkrama dengan bocah seusianya di sudut lain, dan bahkan sudah berjalan mengikuti bocah itu bersama keluarganya. Yup, selain super aktif, Joshua juga termasuk bocah yang super supel. Gampang banget berbaur dengan orang lain. Dan ini tentu berbahaya, rentan terkena penculikan kan? Aih, ngeri juga sih, ya? 

Anak Super Aktif juga Bisa Sakit

obat penurun panas
Yes. Setiap kita pasti akan bertemu dengan yang namanya sakit. Apalagi anak-anak. Setelah seharian bergerak aktif ke sana kemari, tentu akan ada masanya si anak mengalami penurunan stamina. Demam, flu dan batuk adalah penyakit yang kerap sekali mengunjungi si anak tanpa aba-aba. Pasti pernah donk mengalami hal ini?

Yup. Joshua juga sama. Terkadang, akibat kelelahan bermain, akhirnya si bocah cilik ini pun terserang demam. Untungnya ayah dan ibunya memang selalu menyediakan obat penurun panas di kotak obat, sehingga kapan pun diperlukan, Tempra, si obat penurun panas ini sudah tersedia, dan selalu berhasil meredakan demam si anak. Kalo Mantemans, biasanya sedia apa nih untuk menurunkan demam si buah hati tercinta? 

Cerita tentang bocah,
Al, Jakarta, 14 Juli 2017






Komentar

  1. Iya Mbak AL, bahkan di rumah jg butuh pengawasan ya. Ini anak2 jg kalau gak diawsin bisa mecahin apalah, jatuh dmn lha, coret tembok dll hehehe

    BalasHapus
  2. Iya betul mba.. anak super aktif ga bisa dilarang2 kalau main. Bisanya dipastikan agar aman ya. Yacoov gedenya ganteng banget ini..

    BalasHapus
  3. Bnr bngt mba alaika main di ruang trbuka mnambah kreatifitas anak mkn brkmbang noted bmgt

    BalasHapus
  4. Anak-anakku biasanya juga minum Tempra kalo demam. Wajib sedia di rumah biar nggak kelabakan kalo anak tiba-tiba demam.

    BalasHapus
  5. Main di mall tuh yang harus waspada apalagi kalau main di playgroundnya, rawan virus penyakit. Emang sedia obat-obatan itu perlu banget ya mbak

    BalasHapus
  6. lucunyaaaa...semoga bisa terus main dan menikmati masa kecil tanpa sering sakit yaaa

    BalasHapus
  7. selalu diawasi mau dikata aman sekalipun ya mba Al..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidur dengan lampu yang menyala terang? BAHAYA BANGET!!

Khasiat dan Bahayanya Bunga Terompet Bidadari

Hindari Bayi & Batita Anda dari Guncangan, WALAU GEMES SEKALIPUN!