Marvelous Indonesia, The Islands of Adventures

Memasuki hari ketiga, tantangan #10daysforasean makin berat saja. Huft. Bener-benar timing yang salah deh ini, mengintip tema hari ketiga kok di sela seabrek urusan offline yang belum berhasil dibenahi benang kusutnya. Hasilnya adalah, si benang semakin kusut dan pikiran mulai semwarut, mencari-cari apa sih tagline yang tepat untuk nge-branding my lovely country ini, selain branding yang sudah ada, yaitu Wonderful Indonesia. 

Emang apaan sih Al tema hari ketiga dari tantangan #10daysforasean itu?


Hari Ketiga [Rabu, 28/08/2013]: Branding Nation
Indonesia kaya dnegan beragam budaya, namun di sektor wisata, Malaysia lebih berhasil mem-branding 'Truly ASIA'. Kira-kira apa ya branding yang cocok untuk Indonesia? Buat tagline, dan jelaskan kenapa tagline itu cocok untuk Indonesia di kawasan ASEAN. Deadline: Kamis, 29 Agustus 2013, pukul 08.00 Wib. 

Nah, itu, Sobs! Ada ide? :) Beratkan? Hiks.

Layaknya sebuah produk/pelayanan jasa, maka sebuah negara pun adalah merupakan object pemasaran lho. Banyak hal yang bisa dipasarkan dari sebuah negara, misalnya dalam hal pariwisatanya. Dan layaknya marketing sebuah produk/pelayanan jasa, sudah pasti, memasarkan pariwisata sebuah negeri, juga harus diolah sedemikian rupa, dikemas seindah mungkin, agar bisa menarik minat 'pembeli'nya [pengunjung]. Dan lagi, layaknya sebuah produk/pelayanan jasa, sebuah tagline/slogan pun sudah semestinya direkatkan pada sebuah negeri, untuk memikat daya ingat dan menarik minat para wisatawan untuk mengunjungi dan mengeksplorasi keindahan negeri yang dimaksud.

Sudah umum kita ketahui, bahwa setiap negara memiliki tagline/slogan tersendiri, termasuk juga negara-negara di Asia Tenggara, memiliki tagline masing-masing sebagai pemikat para wisatawan untuk berkunjung ke negerinya. Pernah mendengar tagline-tagline ke sepuluh negera Asean? Termasuk Indonesia? Ha? Belum? Yuk kita intip dulu, sebelum kita beranjak ke pelaksanaan tugas yang berat ini. Hiks.

Taglines Negara-negara Asia Tenggara

Pictures are taken from here

Myanmar Logo, is can not found, it is taken from the here 
Nah, itulah masing-masing slogan yang direkatkan pada ke sepuluh negara anggota Asean.
Dan untuk Asean sendiri, juga ada slogan tersendiri lho, Sobs. Ini dia.

Picture grabbed from here
Tagline atau slogan Asean sebelumnya adalah Asia's Perfect 10 Paradise. Tapi kemudian January 2012 diubah ke Southeast Asia, feel the warmth, seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Usulan Tagline untuk Indonesia ke depan.

Ahay.., sampailah kita pada topik yang menjadi tugas utama, setelah dari tadi wara wiri mengenali tagline2 milik negeri-negeri jiran. Ok, aku hanya ingin usulkan sebuah tagline yang menurutku sangat pas untuk menjadi slogan bagi negeri cantik kita ini ke depan. What is that?

Marvelous Indonesia, The Islands of Adventures



Tak ada yang berani membantah bahwa Indonesia diuntai oleh beribu-ribu pulau. Sehingga negeri tercinta ini pun dikenal sebagai negeri kepulauan. #Jadi ingat lagu rayuan pulau kelapa deh ih. Hehe.

Yup, Indonesia adalah sebuah negeri kepulauan. Mulai dari pulau yang besar hingga pulau-pulau kecil yang menyusun negeri ini bak untaian mutiara di garis Khatulistiwa. Dan setiap pulaunya, sudah pasti menjanjikan keindahan dan daya tarik tersendiri untuk dieksplorasi dan dinikmati pesonanya. Menikmati petualangan demi petualangan di pulau-pulau nya yang eksotis adalah daya tarik tersendiri yang dapat dijadikan sebagai selling point dan promosi jitu dalam rangka menarik wisatawan untuk datang, meng-eksplorasi dan menikmati keindahan dan keseruan berpetualang di negeri ini. Bukan begitu, Sobs?

Marvelous Indonesia, The Islands of Adventures. Nikmati petualangan seru di pulau-pulau kami yang cantik dan eksotis!


Komentar

  1. Tag Linenya Indonesia ?
    Yaaaa ... Bhineka Tunggal Ika bukan ?

    :)

    Salam saya Kak Al

    BalasHapus
  2. Mantab mbak tag line nya.. saya dukung deh, semoga sukses ya..

    BalasHapus
  3. emang banyak lokasi wisata Indonesia yang seru buat berpetualang, bahkan.
    berasa jantan kalau ada kata adventure #eh :D

    BalasHapus
  4. "Mulai dari pulau yang besar hingga pulau-pulau kecil yang menyusun negeri ini bak untaian mutiara di garis Khatulistiwa"... kok saya malah tertarik dgn kalimat ini ya terutama kata mutiara khatulistiwa, :D

    BalasHapus
  5. Semoga INdonesia betul-betul menjadi tujuan pariwisata dunia

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidur dengan lampu yang menyala terang? BAHAYA BANGET!!

Khasiat dan Bahayanya Bunga Terompet Bidadari

Hindari Bayi & Batita Anda dari Guncangan, WALAU GEMES SEKALIPUN!