Postingan

Menampilkan postingan dari 2012

Kondom dan trauma paska kelahiran

Gambar
Sebuah sms memecah keheningan dan membuatku sedikit terusik dari konsentrasi dan tatapan mata yang sejak tadi terpatri ke layar monitor. Review tentang strategic plan organisasi yang hendak aku dan teman-teman bentuk, sedang mendesak untuk segera di'telor'kan.

Kuraih simungil Ory, dan sebuah sms dari seorang sahabat otomatis menyunggingkan senyum simpul di bibirku. Untung aku sedang sendiri, jadi tidak mengusik teman lainnya yang pasti akan merasa aneh melihat senyuman ini.

Al, kondom itu seperti apa???? Hehe

Kuyakin alisku sedikit meninggi, namun aku tak heran dengan pertanyaan ini mengingat kemarin kami masih diskusi tentang hal ini. Memang bukan soal kondom sih, tapi tentang trauma paska kelahiran yang kini sepertinya sedang mendera si sahabatku nun jauh di pulau Sumatera sana. Kedekatanku dengannya tentu membuatnya feel free to discuss her problem with me. Hanya saja, pertanyaan dalam sms itu membuatku tersenyum sendiri, sudah sedewasa itu belum pernah melihat kondom? hihi

catatan kaki alaika abdullah magenta

Gambar

catatan kaki untuk email

Gambar

My Blog Signature

Gambar

My Email Signature

Gambar

CEREBRAL PALSY, apaan ya?

Gambar
Cerebral palsy adalah suatu gangguan atau kelainan yang terjadi pada suatu kurun waktu dalam perkembangan anak, mengenai sel-sel motorik di dalam susunan saraf pusat, bersifat kronik dan tidak progresif yang diakibatkan oleh adanya kelainan atau cacat pada jaringan otak yang belum selesai pertumbuhannya. Walaupun bersifat statis dan tidak progresif, tetapi perkembangan tanda-tanda neuron perifer akan berubah akibat maturasi serebral. CP biasanya muncul sebelum anak lahir atau ketika anak berumur 3-5 tahun.

Penyebab cerebral palsy dapat dibagi dalam tiga periode yaitu:

1) Pranatal :
a) Malformasi kongenital.
b) Infeksi dalam kandungan yang dapat menyebabkan kelainanjanin (misalnya; rubela, toksoplamosis, sifihis, sitomega lovirus, atau infeksi virus lainnya).
c) Radiasi.
d) Tok gravidarum.
e) Asfiksia dalam kandungan (misalnya: solusio plasenta, plasenta previa, anoksi maternal, atau tali pusat yang abnormal

2) Natal :
a) Anoksialhipoksia.
b) Perdarahan intra kranial.
c)…

Hindari Bayi & Batita Anda dari Guncangan, WALAU GEMES SEKALIPUN!

Gambar
Menurutku sih, ini artikel yang sungguh menarik, khususnya bagi para orangtua atau saudara yang punya bayi atau batita. Tahukah Anda, beberapa tahun silam, ahli kedokteran mengidentifikasi satu jenis penyakit yang serius pada bayi, namanya "Sindrom Kematian Mendadak" --> Salah satu pemicunya ini adalah guncangan pada tubuh bayi..

Pernah melihat orangtua yang melempar-lemparkan bayinya ke udara lalu menangkapnya untuk mendengar sang bayi tertawa? Atau mengguncang-guncang bahunya keras sambil berekspresi lucu?

Cara orang dewasa mengekspresikan kekesalan pun macam-macam, dan seringkali Tapi, jika Anda melakukan demikian, maka berhentilah. Dan jika melihat orang lain berbuat begitu pada bayi mereka, cegahlah, karena sangat berbahaya.
Selain itu, Rata - rata sekitar 100 bayi di Jerman setiap tahun mengalami kerusakan parah di otak karena mereka diguncang-guncang pengasuhnya, yang hampir di semua kasus, "terlalu terbebani". Laporan mengenai angka tersebut berdasark…

Tips Untuk Mengatasi Luka Terbakar atau kena air panas

Gambar
Paragraf sebelumnya.....
Pagi ini aku menerima sebuah informasi sangat menarik dari seorang teman yang memang rajin sekali berbagi tips yang diperolehnya, agar sahabatnya yang lain juga mendapatkan manfaat dari informasi yang disebarkannya. Sungguh indah bentuk beramal yang satu ini ya sobs…
Berbagi tips/informasi atau ilmu pengetahuan, adalah hal mudah yang mendapatkan pahala lho sobs… #itu mah semua orang juga tau atuh Al! Hehe…
Ok deh, biar ga melebar bahasan topic ini, lari ngelantur kesana kemari, yuk langsung cekidot di kamar sebelah yuk sobs….
Alkisah, Pada suatu hari, Minah memasak jagung dan menusukkan garpu ke jagung yang sedang direbus air mendidih itu, untuk melihat apakah sudah matang. Tetapi garpu itu meleset dan malah tangan Minah yang masuk ke air mendidih itu ......
Teman Minah, yang mendengar Minah menjerit kesakitan masuk ke dalam rumah dan menanyakan apa yang terjadi. Mendegar cerita Minah, sang teman menanyakan apakah Minah menyimpan tepung terigu di rumahnya? Minah m…

Tidur dengan lampu yang menyala terang? BAHAYA BANGET!!

Topic ini berawal dari sebuah email teman yang masuk ke gmailku tadi pagi. Judulnya? Top banget…. ”HATI HATI jangan TIDUR dgn LAMPU MENYALA….BAHAYA!!!

Wuih…. Ini yang sedang aq cari-cari….. alasan akurat untuk mendukung kebiasaanku yang emang paling ga suka tidur dalam cahaya lampu terang benderang. Sejak kecil tuh aq paling ga nyaman tidur dalam keadaan lampu menyala terang…, rasanya otakku merasa ‘hari belum malam’ deh kalo lampu masih nyala. Seolah jam sekolah dan bermain terutamanya, masih terentang panjang.. bener deh. Hal ini berlanjut hingga kini dan malah menular pada Intan, putri semata wayangku. Gak ingat sugesti darimana, tapi tetap aja ada perasaan ngeri di hati jika sampai tertidur dalam keadaan lampu menyala terang, serasa sinarannya itu sedang dengan aktif mencabik2 dan mengukir kerutan pada wajah, menusuk2 saraf mata yang seharusnya sedang istirahat… (hahaha….sugesti berlebihan deh…., tapi aq lupa banget darimana asal sugesti ini, tapi itulah yang sering muncul di hati…