PAP-SMEAR, apaan sih itu?

Pap Smear adalah pemeriksaan lendir dari leher rahim yang dalam istilah kedokteran dikenal dengan istilah lendir serviks. Setiap wanita yang sudah menikah atau yang telah melakukan senggama hendaknya dapat secara rutin melakukan pemeriksaan ini untuk mendeteksi secara dini dirinya bersih atau tidak terhadap adanya sel-sel abnormal atau sel pra-kanker yang kerap menyerang wanita. Sehingga dari hasil deteksi ini, akan lebih gampang untuk menentukan langkah penyembuhan jika memang dirinya terinfeksi.

Pemeriksaan ini sendiri sama sekali tidak ribet apalagi menakutkan. Jauh dari bayangan wanita yang mungkin selama ini ngeri atau malu untuk memeriksakan dirinya ke dokter kandungan, yang kebanyakan adalah dokter pria . Pemeriksaan ini dapat saja dilakukan oleh bidan yang memiliki peralatan untuk ini, dan prosesnya cukup singkat kok. Lendir serviks ini diambil dengan menggunakan spatula, dioleskan dan difiksasi pada kaca benda, kemudian dengan menggunakan mikroskop seorang ahli sitologi akan menguji sel-sel servik tersebut.
Papnet/pemeriksaan ini mampu mengidentifikasi adanya sel pra-kanker walau dalam jumlah yang sangat sedikit sekalipun, sehingga sekali lagi, dengan ini kita dapat segera menentukan langkah-langkah yang harus kita ambil dalam mengatasi masalah jika memang kita terdeteksi memiliki bibit pra-kanker ini.

Persiapan yang harus dilakukan:
-Waktu terbaik untuk pengambilan lendir serviks adalah saat bersih dari bercak darah/haid (2 atau 3 hari setelah haid.
- Sebaiknya tidak melakukan hubungan badan 48 jam sebelum pengambilan lender serviks.
- Tidak menggunakan pembasuh vagina antiseptik atau sabun antiseptic.

Nah sobats, sekilas infonya, mudah-mudahan bermanfaat. So, lets go to pap-smear ourselves dear!

baca related articlenya disini dan disini


Komentar

  1. ternyata wanita sangat rentan dgn penyakit kewanitaan yaaah..harus berhati2 nih..hhhmmm menarik, boleh jg tu di pap-smear, buat jaga2 hehe..kak apa kita pap-smear ke dokter kandungan? atau ke dokter penyakit dalam?..thanks ya info-a sangat bagus dan memuaskan..:-D

    BalasHapus
  2. yup, periksanya ke dokter kandungan atau bidan. yang punya peralatan itu. baca juga artikel: seputar kista. berhubungan juga dengan artikel ini cy.

    BalasHapus
  3. Cara praktis dan telah banyak terbukti tentang rahasia ramuan herbal khusus untuk memberantas, mengobati, mengatasi, menyembuhkan, membersihkan, dan mencegah keputihan pada wanita. Kunjungi blog ini: http://mengatasikeputihan.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Bu, saya mau tanya seputar servik. Apakah orang yang sudah janda dan tidak mmenikah lagi karena sudah tua bisa jukasih.ga terkena servik ? Mohon penjelasan. Terima kasih.

    === Nia ====

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidur dengan lampu yang menyala terang? BAHAYA BANGET!!

Khasiat dan Bahayanya Bunga Terompet Bidadari

Tips Untuk Mengatasi Luka Terbakar atau kena air panas