Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 13 Juni 2009

MIMISAN, how to handle.

Posted by Alaika Abdullah On 18.45
MIMISAN or well known as perdarahan di hidung, aq yakin siapapun akan langsung paham apa dan bagaimana dia saat kata ini diucapkan. Kata ini juga yang sudah cukup lama akrab dan bikin aq setengah seteheng (he..he, ada yang ga ngerti arti seteheng? ok, means: semaput, pusing tujuh keliling or yang seperti itu lah).
Putri tunggalku, saat ini sudah duduk di kelas I SMP (mo naik kelas dua), sangat sering dikunjungi oleh penyakit yang satu ini. Tak mengenal waktu dan cuaca, tanpa sebab yang jelas, tiba-tiba aja hidungnya mengeluarkan darah. Mengucur deras hingga bikin orang panik. Wajar kalau MIMISAN ini datang setelah dia cukup agressif beraktivitas, or terkena panas terik mentari, or kelelahan. Terkadang, kehadirannya justru disaat dia santai, beberapa hari tanpa aktivitas signifikan yang menguras tenaga, justru MIMISAN ini mengucur santai saat dia sedang tertidur lelap di tengah malam. Tentu saja sudah dibawa ke dokter sih. Ke beberapa dokter malah, karena dari yang satu ke yang lainnya have the same opinion. Bahwa ga ada tindakan khusus yang bisa dilakukan terhadap putriku. Selain memastikan terpenuhinya asupan vitamin dari buah segar seperti tomat, jeruk dan buah-buahan lainnya sehingga diharapkan akan mampu memperkuat pembuluh balik di hidung putriku yang tergolong rapuh. Penyakit ini akan berkurang dengan sendirinya, seiring bertambahnya usia dan pertumbuhan tubuh putriku. Yang berarti pembuluh balik ini akan semakin kuat dengan bertumbuhnya dia. Jadi kalo ga ada obatnya gimana donk? Masak dibiarkan saja dan bersiap-siap menyambut mimisan datang tanpa antisipasi?
Nah, itulah dia... selama ini sih, saat MIMI (he..he, mimisan maksudnya)datang, biasanya putriku sudah menyediakan tissue di kantongnya or di dekat tempat tidur jika kejadiannya malam hari. Dia akan duduk, menyumpal hidungnya dengan tissue tersebut sambil bernapas dari mulut.
Nah, kemarin malam, iseng-iseng aq tertarik untuk membaca kembali tips yang tertulis di buku "Apa yang anda kerjakan, bila tidak ada dokter". Nah, berikut ini adalah tips yang mungkin bisa kita terapkan jika kita or anggota keluarga kita or siapapun lah, terkena kunjungan MIMI. :-)

TIPS Menghentikan MIMISAN

1. Duduk diam.
2. Pijitlah hidung kuat-kuat selama 10 menit atau sampai perdarahan berhenti sambil meminta si penderita bernapas melalui mulutnya. Jika cara ini tidak dapat menghentikan perdarahan....
Masukkan segumpal kapas ke dalam lubang hidung, sebagian dibirakan di luar hidung. Kalau dapat, sebelumnya kapas dibasahi dengan hidrogen peroksida, vaseline atau lidocaine dengan epinephirine. Kemudian pijitlah kembali hidungnya kuat-kuat. Jangan lepaskan sebelum 10 menit atau lebih. (ingat, jangan lupa minta penderita bernapas melalui mulutnya! :-))
Apabila perdarahan hidung sering terjadi, oleskan sedikit vaseline ke dalam lubang hidung dua kali sehari.
Makan jeruk, tomat dan buah segar lainnya dapat membantu menguatkan pembuluh darah balik, sehingga perdarahan hidung lebih jarang terjadi.
Pada orang yang lanjut usia, perdarahan mungkin berasal dari bagian belakang hidung dan tidak dapat dihentikan dengan memijit hidung saja. Dalam hal ini, mintalah si penderita menggigit sepotong gabus, bongkol jagung atau benda lain sejenisnya, lalu minta dia menundukkan kepala, duduk diam dan berusaha untuk tidak menelan sebelum perdarahan berhenti. (Gabus berguna untuk menolong penderita agar tidak menelan sehingga dapat cepat terjadi pembekuan darah).

Well sobats, itulah sekilas tips "cara menghandle Perdarahan Hidung/MIMISAN).
That is all for now, semoga bermanfaat.

Salam,

Alaika.




3 komentar:

  1. dasar ya si mimi klu datang ga bilang2 dulu hehehe..bagus tu kak tips-a ttg si mimi..klu meicy pernah mimisan jg dan periksa ke dokter jawaban-a mkn krn cuaca yg terlalu panas..nah binun kan..tapi cuma sekali sih..nah sekarang meicy kena sinus kak..setiap hari idung meler seperti anak ingusan hehe..kira2 ada ga tips buat mengurangi sinus ini, klu minum obat dokter malahan badan yg jadi melar hiks..thanks ya kak

    BalasHapus
  2. @meicy: sabar ya cy, ntar kita search for the helbal medicine nya. mudah2an ada kok.

    BalasHapus
  3. mimisan disaat kelelahan, banyak pikiran ntu membahayakan ngak sih

    BalasHapus